Bawaslu Riau Panggil Caleg yang Diduga Bagi Sembako Sebelum Kampanye

Pekanbaru, BERITA TENTANG PEMILU – Tim Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Bawaslu Rokan Hilir (Rohil), Riau akan memanggil caleg yang diduga melakukan pelanggaran. Caleg tersebut akan diperiksa terkait dugaan membagi-bagi sembako kepada warga sebelum masa kampanye.

“Kita melakukan pendampingan tim penyidik Kejati dan Polda Riau selaku tim Gakkumdu. Ini terkait atas penanganan kasus dugaan money politic yang diduga dilakukan oknum caleg salah satu parpol di Rohil,” kata Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan kepada detikcom, Kamis (8/11/2018).

Rusidi menjelaskan, saat ini Bawaslu Rohil masih mendalami kasus bagi-bagi sembako yang dilakukan caleg yang masih aktif sebagai anggota DPRD setempat inisial KRS.

“Pendalaman dilakukan meminta keterangan terhadap saksi-saksi yang menerima sembako,” kata Rusidi.

Selanjutnya, pihak Bawaslu Riau akan meminta pendapat ahli dari KPU Riau dan ahli hukum pidana. Termasuk juga meminta keterangan Ketua DPRD Rohil dan Sekwan. Terakhir baru meminta keterangan dari terduga KRS.

“Setelah itu barulah dapat disimpulkan kasusnya. Yang jelas kasus ini kita pantau karena sudah menjadi konsumsi publik, supaya hasilnya transparan, akuntabel sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” kata Rusidi.

Menurut Rusidi, pihak Bawaslu Rohil sebelumnya telah melakukan penyitaan sembako berupa beras, susu kaleng, gula dan bubuk teh. Sembako yang dibagikan ke warga itu berasal dari oknum caleg KRS. Sembako itu diberikan kepada warga korban banjir di Kecamatan Pekaitan.

“Kita akan segera panggil KRS untuk mengetahui motifnya. Apakah dia membagikan sembako atas nama caleg atau anggota dewan. Jika nanti terbukti bersalah, akan dijerat pidana pemilu,” kata Rusidi.
source : detik

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Site Stats
DMCA.com Protection Status http://addurl.nu